Kumpulan Resep Masakan Lezat

08 June 2016

Resep Buka Puasa: Jus Terong Belanda

Melezatkan - Resep Buka Puasa dengan Jus Terong Belanda. Buka puasa diawali dengan mengkonsumsi yang manis-manis memang sudah menjadi sunnah yang dianjurkan. Dari segi keilmuwan, hal ini juga dibanrkan. Sebab ketika berpuasa tubuh kita kehilangan cairan dan zat gula yang membuat tubuh lemas dan mengantuk. Karena itu berbuka puasa dengan yang manis dapat mengembalikan kadar gula dalam darah. Sebab itulah kenapa kebanyakan takjil yang dijual saat Ramadhan rasanya manis-manis.

Resep buka puasa kali ini agak berbeda dengan yang sebelumnya. Contohnya resep jus wortel nanas dimana bahan-bahannya sudah sangat familiar. Kali ini kita akan menggunakan terong Belanda sebagai bahan utamanya. Dan sebagian dari pembaca tentunya banyak yang belum tahu seperti apa terong belanda itu.

Terung Belanda mulai masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan dibawa oleh orang-orang Belanda. Karena itulah namanya disebut terong Belanda. Padahal, aslinya jenis terong ini berasal dari Amazon, Amerika Latin. Di Indonesia terong Belanda banyak dikembangkan di daerah Bogor sejak tahun 1941.

Buah terong belanda dimanfaatkan sebagai bahan makanan dengan cara dimakan sebagai buah, dijadikan sayuran, bumbu pelengkap atau sebagai campuran bahan minuman seperti jus yang akan kita bahas kali ini. Jus terong belanda memiliki banyak khasiat bagi kesehatan karena banyak kandungan gizinya. Antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, serat dan flavonoid yang merupakan sejenis antioksidan alami yang dapat mencegah kanker.

Bahan:

  • 2 buah terung belanda, kupas kulit, potong-potong
  • 200 g melon, buang biji, kupas kulitnya, potong-potong
  • 50 ml air jeruk dari 3 buah jeruk manis
  • 20 g gula pasir dilarutkan dalam 100 ml air panas
  • Sedikit garam

Cara membuat:
  1. Haluskan terung belanda dan melon secara terpisah.
  2. Campurkan air jeruk dan larutan gula, aduk rata.
  3. Penyelesaian: Masukkan es batu ke dalam gelas saji. Tuangkan berturut-turut, air jeruk, terung belanda, dan melon.
  4. Sajikan segera jus terong Belanda. Untuk 5 gelas

Resep Buka Puasa: Jus Terong Belanda
Fakta Gizi Per Gelas
  • Kalori 90 kal
  • Protein 1,7 g
  • Lemak 0,9 g
  • Karbohidrat 24,75 g
  • Kolesterol -
  • Serat 1,2 g

Di Eropa jus terong belanda sangat digemari oleh para wanita karena khasiatnya dalam menjaga kecantikan kulit. Jus terong belanda dapat membantu meregenerasi kulit mati yang terbakar akibat sinar matahari. Jus terong belanda ini menjadi minuman wajib bagi mereka yang suka berjemur di pantai di bawah terik sinar matahari.

Jus terong belanda juga sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat meremajakan kuit yang seharian kering akibat tidak memperoleh air dari dalam tubuh.

Jangan lupa coba juga resep buka puasa lainnya yang manis dan hangat seperti resep kolak pisang yang merupakan resep buka puasa tradisional masyarakat Indonesia. Jangan lupa ikuti terus postingan resep di blog karena akan selalu update resep-resep baru untuk buka puasa, sahur, cemilan maupun takjil ramadhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Buka Puasa: Jus Terong Belanda

0 comments:

Post a Comment

Jika anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman mengenai resep di atas, silahkan sampaikan melalui kolom komentar.