Kumpulan Resep Masakan Lezat

05 June 2016

Resep Buka Puasa: Kolak Pisang Istimewa

Melezatkan - Resep Kolak Pisang Istimewa untuk Buka Puasa. Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang dinanti-nantikan oleh umat islam setiap tahunnya.Setiap amal ibadah dan kebaikan yang kita lakukan di bulan Insya Alloh akan dilipatgandakan pahalanya. Di bulan ini umat Islam juga menjalankan yang namanya ibadah puasa. Dimana ibadah puasa ini akan merubah pola dan gaya hidup orang yang menjalankannya. Termasuk dalam hal makan.

Saat berbuka puasa disunatkan untuk mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Salah satunya adalah kolak pisang. Maka tidak heran jika kolak pisang di Indonesia menjadi salah satu takjil buka puasa yang hampir selalu ada. Selain kolak pisang, minuman manis segar, sop buah, bubur dan es cedol juga kerap djadikan menu buka puasa. Namun jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi es atau minuman dingin. Walaupun segar, akan lebih baik jika perut diisi dengan sesuatu yang hangat.

Resep kolak pisang sudah banyak mengalami kemajuan dibanding sewatu saya masih kecil dulu. Banyak sekali penjual kolak pisang dadakan yang berjajar di pinggir jalan saatbulan puasa. Terutama di sore hari menjelang berbuka. Namun kolak pisang yang paling enak adalah kolak pisang buatan sendiri. Karena kita dapat menentukan sendiri bahan-bahannya memilih yang terbaik.

Membuat kolak pisang tidaklah sulit. Tidak juga ribet. Yang ribet mungkin jika harus mengambil santan kelapa sendiri. Dengan memarut buah kelapa dan menyaring santannya. Untungnya Anda hidup di jaman yang serba modern dimana santan kelapa sudah dijual secara kemasan. Jadi tidak perlu repot memarut kelapa untuk mmendapatkan santan.

Nah, kali ini saya akan memberikan resep bagaimana cara membuat kolak pisang spesial dengan bahan-bahan yang mudah didapat saat bulan Ramadhan. Selain tentunya buah pisang, bahan-bahan utama lainnya dalam pembuatan kolak pisang ini adalah singkong, ubi jalar dan kolang-kaling. Pilih kolang-kaling yang bagus, mumpung harganya murah di bulan puasa.

Bahan-bahan:

  • 8 buah pisang, potong dengan ketebalan 2 sentimeter
  • 1 kilogram singkong, kupas kulit dan kukus hingga empuk
  • 1 kilogram ubi jalar, potong dadu
  • 100 gram kolang-kaling
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 liter air yang telah dicampur dengan 25 gram santan kelapa
  • 250 gram santan kelapa
  • 250 gram gula merah
  • 1/2 sdt garam
Kolak Pisang istimewa dengan campuran singkong, kolang-kaling dan ubi jalar.
Cara membuat kolak pisang:
  1. Dalam panci besar, rebus air yang telah dicampur dengan sedikit santan kelapa dengan api sedang. 
  2. Setelah mendidih masukkan ubi jalar dan gula merah.
  3. Kecilkan api dan masak hingga ubi mengempuk kira-kira selama 30 menit.
  4. Masukkan singkong yang telah dikukus dan masak kembali selama beberapa menit.
  5. Masukkan santan kelapa dan masak di atas api kecil. Aduk selama 10-15 menit.
  6. Masukkan pisang dan kolang-kaling.
  7. Saat seluruh bahan telah empuk, matikan api dan sajikan hangat atau dingin sesuai selera.

Oke, itu dia resep kolak pisang istimewa untuk hidangan awal buka puasa Anda. Ingat, untuk berbuka dengan makanan manis dan hangat untuk mengembalikan kadar gula darah yang menurun selama berpuasa seharian. Namun jangan langsung memakan secara banyak. Sedikit saja untuk menghilangkan lapar. Lanjutkan dengan ibadah shalat maghrib. Lanjutkan makan kolaknya disertai cemilan lain. Berangkat tarawih dan pulang tarawih baru makan besar. Kalau langsung makan besar begitu buka puasa, efeknya adalah perut sakit, ngantuk dan akhirnya ketiduran.

Untuk makan besar setelah berbuka puas, Anda bisa mencoba resep ayam bakar asam manis. Usahakan jangan mengkonsumsi makanan pedas selama berpuasa.Lebih bagus selama berpuasa untuk mengkonsumsi hidangan berserat seperti sayuran. Anda bisa mencoba resep tumis baby kailan bumbu oriental yang dulu pernah saya publikasikan di blog ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Buka Puasa: Kolak Pisang Istimewa

0 comments:

Post a Comment

Jika anda memiliki pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman mengenai resep di atas, silahkan sampaikan melalui kolom komentar.